Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc en-US [email protected] (P3M STAI Kuningan) [email protected] (Journal Manager Generasi) Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN PERMAINAN KARTU ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/15 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK PLUS ANAK MUSLIM Malang. Di latar belakangi oleh kurangnya minat dan antusias anak dalam pengembangan aspek kognitif khususnya kemmpuan berhitung 1 sd 20. Observasi pra siklus dari 17 anak, tidak ada anak yang belum berkembang dan berkembang sangat baik, 11 anak mulai berkembang dan 6 anak berkembang sesuai harapan. Penyebab masalah tersebut adalah selama masa pandemi, pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, pembelajaran daring yang dilakukan guru hanya mengandalkan buku dan majalah sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Permainan kartu angka diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran berhitung menjadi lebih menarik, tidak monoton dan anak menjadi aktif dalam permainan serta anak pendapatkan pengalaman langsung dalam kegiatan bermaian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan 5 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subyek penelitian ini adalah 17 anak kelompok B TK PLUS ANAK MUSLIM Malang. Data yang di kumpulkan diambil dari observasi dan dokumentasi. Setiap siklus dalam penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan permaian kartu angka kemampuan berhitung anak kelompok B mengalami peningkatan. Pada Siklus I prosentase rata-rata anak yang mulai berkembang adalah 49,04%, anak, 39,93% anak berkembang sesuai harapan dan 11,03%. anak berkembang sangat baik. Atau dapat disimpulkan 49,04% anak mulai berkembang dan 50,96% anak sudah berkembang. Pada Siklus II bahwa 17,25% anak mulai berkembang, 46,10% anak berkembang sesuai harapan dan 36,66% berkembang sangat baik. Atau dapat disimpulkan 17,25% anak mulai berkembang dan 82,76% anak sudah berkembang.<br>Kata kunci: Kognitif, Kemampuan Berhitung, Permainan Kartu Angka.</p> Wiwik Widarini Wiwik WidariniI Copyright (c) 2024 Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/15 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Calistung Di Pendidikan Usia Dini Edelweiss https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/20 <p>Dalam era pasca pandemi Corona 19 pendidikan usia dini harus melakukan kegiatan dalam bentuk virtual, mereka mengunakan media sosial sebagai wadah dalam proses pembelajaran Calistung tetap berjalan, walaupun dengan mengunakan media sosial ini membuat para siswa memiliki banyak dampak dalam proses perkembangan, penelitian ini di lakukan pada pendidikan usia dini di daerah Kemayoran Jakarta pusat dengan hasil media sosial sangat penting dalam era pasca pandemi ini dan pendidikan yang masuk era digital.</p> Wahidin Aldian Mustiar Copyright (c) 2023 Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/20 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN PASIR KINETIK DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/18 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi di RA Guppi Adiwerna ditemukan bahwa kemampuan motorik halus di kelompok B masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kegiatan bermain pasir kinetik dengan kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Guppi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek yang diteliti adalah anak usia 5-6 tahun RA Guppi yang berjumlah 22 anak. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan korelasi dengan rumus Spearman rank menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel dan hubungan keduanya berada pada kategori sangat kuat/sangat tinggi, ini ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,95 yang berada pada tingkat hubungan yang sangat kuat/sangat tinggi, ini dikarenakan nilai 0,95 berada pada interval koefosen korelasi 0,800-1,000. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t<sub>hitung </sub>= 5,24 dan t<sub>tabel</sub> = 2,086 dengan db = 20. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,086 maka dapat disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara kegiatan bermain pasir kinetik (X) dengan kemampuan motorik halus anak (Y) di kelompok B RA Guppi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Selanjutnya hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa kegiatan bermain pasir kinetik memberikan kontribusi sebesar 69% terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Guppi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Sedangkan 31% kemampuan motorik halus anak dipengaruhi oleh faktor lain. </p> Fikri sofwatun inayah Inayah, Aam Kurnia, Nano Nurdiansah, Nano Nurdiansah Copyright (c) 2024 Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/18 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 APPLICATION OF THE TOTAL PHYSICAL RESPONSE METHOD IN LEARNING ENGLISH IN EARLY CHILDREN https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/9 <p><sup>English is used often in daily life and has a variety of uses, including in business, education, tourism, and health. Students' English proficiency needs to be raised because, being an international language, English is used in many sciences. Therefore, being able to communicate well in English is advantageous, even in the workplace. In this instance, the proper approach is required to aid in the development and introduction of English, especially in the early years. Total Physical Response (TPR) is one of the most suitable and relevant strategies for introducing an object in English language learning. The Total Physical Response (TPR) method encourages young children to actively learn English.</sup></p> CWEETA ASTY AYU ZELITA TINDAON AYU Copyright (c) 2024 Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/9 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Sekolah : Evektifitas Metode SAS https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/19 <p>Studi ini bertujuan untuk mengetahaui apakah Metode SAS efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia sekolah. Penelitian dengan metode eksperimen ini, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode SAS dalam meningktakan kemampuan membaca pada anak usia sekolah. Penelitian penelitian eksperimen ini dengan desain eksperimen semu, one grup pretest postest. Subjek penelitian berjumlah 30 anak usia sekolah adalah anak kelas 1 MI Nurul Hidayah Surabaya. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode SAS efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak MI Nurul Hidayah Surabaya </p> yosy tania Copyright (c) 2024 Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini https://generasi.staiku.ac.id/index.php/jc/article/view/19 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000