Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep filosofis yang dikemukakan oleh Frederich Wilhelm Froebel berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, dan selanjutnya dikaitkan dengan pertumbuhan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pilihan metode penelitian kepustakaan. Frobel telah menyumbangkan pandangan yang sangat luas dalam dunia pendidikan modern saat ini, menurut Froebel manusia pada dasarnya adalah dinamika yang produktif dan tidak hanya bersifat represif. Froebel menekankan pendidikan pada anak usia 3-6 tahun atau 7 tahun. Pada masa ini, seorang anak akan dibekali pengetahuan untuk memiliki kemampuan sebagai dasar perkembangan dan pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu Froebel menekankan perlunya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan latihan sensorik, bahasa dan bermain sebagai komponen penting dalam pendidikan anak

Keywords

Filsafat Anak Usia Dini Menurut Wilhelm Froebel

Article Details