Main Article Content

Abstract

Dalam penelitian ini menjelaskan tentang  layanan bimbingan konseling belajar pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kepustakaan yaitu suatu teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data yang sesuai dengan topik atau masalah yang sedang diteliti. Adapun sumber data diperoleh dari jurnal dan buku ilmiah. Layanan bimbingan konseling pada PAUD sangatlah penting dan dibutuhkan karena untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik baik dari segi kejiwaan, emosional, fisik dan pemikiran. Sesuai dengan ungkapan hasan (2011) bahwa PAUD adalah lembaga pendidikan sebelum jenjang sekolah dasar (SD) sebagai upaya pembinaan dan pengajaran bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun dengan cara tertentu, dengan tujuan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara jasmani ataupun ruhani agar  memiliki kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya pada jalur formal, non formal atau informal. bimbingan konseling di lembaga PAUD ini harus diberikan kepada semua anak didik, tidak hanya kepada anak yang bermasalah saja. Karena  anak yang tidak bermasalahpun perlu mendapatkan layanan bimbingan agar lebih mudah dalam mengembangkan bakat, minat dan potensinya. Dengan begitu bimbingan konseling bukan saja untuk mengatasi anak didik yang bermasalah, namun juga sebagai tindakan untuk terpenuhinya kebutuhan dalam perkembangan anak secara maksimal. Adapun Aplikasi belajar pada pendidikan anak usia dini bisa melalui media mainan seperti yang dikatakan Lestari (2014) bahwa media bimbingan dan konseling berbasis islami terhadap anak usia dini dalam pembentukan karakter kemandirian bisa dilakukan dengan media permainan

Keywords

Anak Usia Dini Bimbingan Konseling belajar

Article Details